Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu - Dahulu terdapat sebuah kerajaan yang makmur dengan raja yang gemar berburu binatang. Setiap kali raja berburu selalu ditemani oleh anjing kesayangannya yang benama Tumang. Pada suatu saat ketika raja sedang berburu rusa seharian namun belum mendapatkan hasil buruan yang memuaskan yang saat itu hutan sepi dan senyap, sang raja kaget mendengar nyalakan anjing kesayangannya Tumang. Ternyata si Tumang menyalak lantaran menemukan seorang bayi perempuan di sekitar rerumputan. Sang raja pun mengambil bayi malang tersebut. Mengingat sang raja belum dikaruniai seorang anak, dia pun sangat gembira hatinya menemukan bayi yang berparas cantik itu. Lantas oleh sang raja bayi perempuan tersebut diberi nama Putri Dayang Sumbi.
Setelah dewasa, Putri Dayangsumbi menjadi seorang wanita yang cantik kemudian dinikahi oleh seorang laki-laki. Pernikahan itu dikaruniai dengan seorang anak laki-laki yang bernama Sangkuriang. Namun saying suami Putri Dayang Sumbi tidak berumur panjang.
Sangkuriang pun lambat laun tumbuh dewasa menjadi seorang pemuda yang gemar berburu. Suatu saat Sangkuriang melakukan perberburu yang di ditemani anjing kesayangan sang raja yaitu Tumang... Selengkapnya...

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: