Olahraga Bagi Lansia

Olahraga Bagi Lanjut Usia – Olahraga adalah kebutuhan fisik yang dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Olahraga tidak dibatasi oleh usia. Baik kalangan anak, remaja, dewasa maupun kalangan lanjut usia. Khusus bagi kalangan lanjut usia, olahraga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Karena keadaan tubuh lanjut usia tidak lagi seperti waktu muda. Berikut olahraga yang dapat dilakukan oleh kalangan lanjut usia agar tetap terjaga kesehatannya.


Berjalan bermanfaat untuk meregangkan otot-otot kaki dan daya tahan, bila berjalannya makin lama makin cepat, hal ini juga dapat menjaga kelenturan tubuh. Jika melangkah panjang dan mengayunkan lengan 10 – 20 kali, akan terdapat unsur kelenturan.

Bersepeda
Bersepeda baik bagi penderita encok (artritis), karena bila ia berjalan cepat menyebabkan sakit pada sendi-sendinya. Bersepeda baik untuk meringankan peregangan dan daya tahan tubuh. Tetapi tidak menambah kelenturan pada derajat yang lebih tinggi.

Bentuk olahraga lain yang dianjurkan bagi lansia adalah senam, tenis meja, renang dan olahraga lain yang tidak begitu menggunakan aktifitas otot yang berat.

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: