Penyebab Dan Cara Mencegah Varises


Varises Pada Kaki - Varises adalah pembuluh darah yang keluar  pada kulit berwarna biru. Varises bisa menyebabkan penampilan kita menjadi kurang menarik. Biasanya varises sering terjadi pada lutut bagian belakang, betis, paha. Orang yang menderita varises akan cepat lelah ketika melakukan aktivitas berat. Bagi seorang atlet, varises adalah salah satu hal yang harus dihindari sebisa mungkin. Karena hal ini tentunya akan mempengaruhi prestasinya. Bahkan bagi mereka yang ingin menjadi anggota kepolisian, tentara baik darat, udara ataupun laut diwajibkan tidak menderita varises.


  • Aktivitas - Jika aktivitas anda dalam satu hari lebih banyak melakukan duduk maka hal ini bisa menyebabkan peredaran darah kurang lancar atau tekanan darah pada kaki meningkat dan pembuluh darah melebar. Sehingga bisa menyebabkan varises. Selain itu aktivitas terlalu banyak berdiri juga dapat menyebabkan varises. Karena orang yang banyak melakukan aktivitas berdiri menyebabkan tekanan darah pada kaki meningkat sehingga menyebabkan pembuluh melebar.
  • Kehamilan - Salah satu penyebab varises ketika wanita hamil adalah meningkatnya aliran darah dan usia kandungan yang semakin tua. Bahkan varises pada wanita hamil bisa terbawa sampai melahirkan dan ada juga yang tidak hilang meskipun telah melahirkan. Untuk menghindarinya maka anda harus tetap melakukan aktivitas yang cukup misalnya jalan pagi di sekitar rumah, jangan terlalu kecapekan dan beristirahat dengan cukup agar terhindar dari “Kaki Varises”
  • Kurang Olahraga - Olahragalah secara teratur agar peredaran darah pada tubuh kita menjadi lancar. Biasakan untuk meluruskan kaki bila anda selesai melalukan olahraga .
  • Faktor Genetik  - Bila orang tua anda pernah mengalami varises maka ada kemungkinan anda juga akan mengalami, hal ini karena adanya genetik yang diturunkan oleh orang tua. Oleh karena itu behati-hatilah untuk tidak melakukan kebiasaan yang dapat menyebabkan timbulnya varises.


Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: