Spa Therapy

Spa dalam bahasa Latin singkatan dari Solus Per Acqua, yang kemudian diterjemahkan menjadi “Air Penyembuhan”. Perawatan spa menghadirkan keharmonisan dan keseimbangan tubuh dengan cara menstimulasi sistem peredaran tubuh, sistem lymphatic dan sistem pembuangan. Selain itu juga membantu kita mengeluarkan racun-racun dan menghilangkan stress yg terbentuk dalam tubuh dan pikiran kita. Dalam perawatan Spa, Air merupakan kunci utama disamping essential oil.

  • Therapy / Perawatan Spa bisa dilakukan :
  • Spa dirumah
  • Spa di Alam Terbuka
  • Ultra Swim Spa
  • Spa dengan Uap (Sauna)
  • dll
Aromaterapi adalah Istilah modern yang dipakai untuk proses penyembuhan kuno yang menggunakan sari tumbuhan aromatik. Merupakan sistem penyembuhan yang melibatkan pemakaian minyak asiri murni. Kata “aroma” berarti “bau” bisa bau wangi atau bau tak sedap Bau wangi atau keharuman bisa dari tumbuhan dan buah-buahan Misalnya aroma yang bisa kita temukan dihalaman rumah kita seperti aroma bunga melati, lavender dll sedangkan untuk buah seperti buah jeruk nipis, jambu, durian dll serta tumbuh-tumbuhan lainnya. Alam memang merupakan sebuah “lemari obat” yang sangat besar yang dapat kita manfaatkanSementara terapi adalah upaya membangkitkan semangat, menyegarkan dan menjaga kesehatan pikiran, jiwa dan raga, serta merangsang proses penyembuhan dengan menggunakan essential oil. Jadi Aroma Therapy adalah Therapy yang menggunakan sari minyak atau essential oil untuk membantu memperbaiki atau menjaga kesehatan, membangkitkan semangat, menyegarkan serta menenangkan jiwa dan raga dan merupakan sistem penyembuhan yang melibatkan pemakaian minyak asiri murni atau essential oil.
Minyak Asiri Murni / Essential Oil adalah minyak yang didapat / disuling dari berbagai bagian tanaman, bunga, tumbuhan maupun pohon (akar, daun, getah), buah dan rempah-rempah. Masing-masing bagian mengandung sifat terapi yang berlainan memiliki khasiat untuk mengobati .
Pengaruh Essential Oil :

  1. Secara fisik : tubuh, kulit, rambut, dan organ tubuh lainnya
  2. Secara energi : aura
  3. Pikiran : secara sadar dan tidak sadar
Penggunaan Essential Oil Dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Dalam Makanan : Zat perasa seperti minyak lemon, jeruk dan lain-lain.
  2. Pelengkap Kecantikan :  Minyak wangi dan berbagai campuran kosmetik lainnya.
  3. Rasa dalam obat : Seperti zat penambah rasa pada obat batuk mengandung eucalyptus, ginger dll.
Cara Memilih Minyak Asiri / Essential Oil adalah pilihlah minyak asiri yang tidak hanya sesuai sekedar mengena pada fisik saja tetapi juga memenuhi kebutuhan baik mental maupun emosi anda. Dengan kata lain pilihlah aroma yang paling disukai, karena pada prinsipnya aromatherapy harus menjadi pengalaman yang menyenangkan
Essential oil / Minyak Asiri Murni dibagi 3 kategori :

  1. Base Note : Sari minyak dengan aroma yang paling tahan lama. Keharumannya bisa bertahan hingga 1 minggu.
  2. Middle Note : Sari minyak dengan aroma yang hanya bertahan sekitar 2 hingga 3 hari.
  3. Top Note : Sari minyak dengan aroma paling tidak tahan lama. Keharumannya hanya bertahan selama 24 jam saja.
Mengkombinasikan ketiga jenis notes merupakan cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Minyak harum yang berkualitas, selalu merupakan hasil campuran dari beberapa notes. Tetapi dalam Aromatherapy tidak diharuskan mengikuti aturan tertentu. Silahkan Anda bereksperimen untuk mendapatkan aroma yang cocok bagi diri sendiri.

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: