Cara Memegang Peluru – Tolak Peluru


Teknik Memegang Peluru – Salah satu hal yang harus dikuasai dalam olahraga tolak peluru adalah cara memegang peluru. Teknik memegang yang benar tentu akan mempengaruhi hasil tolakan. Baik dengan gaya O’Brien maupun Ortodoc, cara memegang peluru sangat berpengaruh dalam hasil tolakan. Berikut cara memegang peluru dengan benar.

  1. Jari-jari renggang, jari kelingking ditekuk di samping peluru berfungsi untuk menahan peluru agar tidak bergeser dari tempatnya. Cara ini digunakan bagi yang memiliki jari-jari yang kuat dan panjang (gambar A).
  2. Jari-jari agak rapat dan ibu jari berada di samping, jari kelingking berada di samping belakang peluru yang berfungsi untuk menahan peluru agar tidak bergeser serta membantu menekan pada waktu peluru ditolakkan (gambar B).
  3. Jari-jari agak renggang dengan ibu jari berada di samping, berfungsi untuk menahan geseran ke samping, kelingking di belakang peluru berfungsi untuk ikut menekan pada waktu peluru ditolakkan. Cara ini digunakan bagi yang memiliki jari-jari tangan yang pendek dan kecil (gambar C).


Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: