Cara Mengukur Tinggi Lompatan Vertikal


Vertical Jump | Jump MD - Salah satu  cara untuk mengetahui kekuatan otot tungkai adalah dengan mengukur tinggi lompatan vertical seseorang. Tes Tinggi lompatan vertikal biasanya dilakukan sebagai bagian dari tes kebugaran jasmani. Untuk mengukur tinggi lompatan vertical dengan mudah dan akhurat kita dapat menggunakan sebuah alat yaitu  Jump MD. Adapun ketentuan dan penggunaannya adalah sebagai berikut:


  1. Pasanglah belt di pinggang subjek, pastikan supaya alat telah terpasang dengan erat. Perintahkan subjek untuk berdiri di atas rubber plate dengan tegak. Putarlah punggung tali yang ada pada alat, pastikan agar tali tidak kendor.
  2. Tekan tombol ON/C untuk menyalakan alat. Perintahkan kepada subjek untuk melakukan vertical jump. tekan tombol SET untuk menyimpan nilai yang pertama, display akan menunjukkan nilai “0”.
  3. Perintahkan agar subjek kembali berdiri di atas rubber plate dengan tegak. Putar kembali penggulung tali agar tali kembali tegang. Perintahkan agar subjek melakukan vertical jump sekali lagi. Setelah 5 detik, display akan menunjukkan nilai vertical jump terbaik dari 2 kali tes yang dilakukan.
  4. Untuk mengatur subjek berikutnya, tekan tombol ON/C untuk mengembalikan display ke “0”.


Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: