Cara Mengetahui Berat Badan Yang Ideal


Menghitung Berat Badan Ideal | BMI (Body Mass Index) - Berat badan adalah salah satu masalah yang sering di hadapi kebanyakan orang terutama oleh kalangan perempuan. Hal ini dikarenakan karena berat badan juga mempengaruhi penampilan seseorang. Selain itu berat badan juga mencerminkan status gizi seseorang. Seseorang dikatakan kekurangan gizi atau kelebihan gizi, hal ini bisa dilihat dari berat badan seseorang. Status gizi seseorang dapat dilihat dari perbandingan antara tinggi badan dengan berat badan seseorang. Berikut beberapa cara menghitung Berat Badan Yang Ideal.


Berat Badan Ideal Bayi (Anak 0-12 bulan)
Rumus = (umur (bln) / 2 ) + 4

Berat Badan Ideal untuk Anak (1-10 tahun)
Rumus = (umur (thn) x 2 ) + 8

Remaja dan dewasa
Rumus = (TB - 100) x 90%

Ibu Hamil :
Rumus = BBI + (UH x 0.35)

BBIH = Berat Badan Ibu Hamil
UH = Umur Kehamilan dalam Minggu
0.35 = tambahan berat badan kg per minggunya

Penjelasannya sbb:
BBI = (TB-110) jika Tinggi Badan diatas 160 cm
BBI = (TB-105) jika Tinggi Badan dibawah 160 cm
BBI = (TB-100) jika Tinggi Badan dibawah 150 cm
* TB = Tinggi Badan (cm)

BMI (Body Mass Index)
Banyak sekali manfaat menjaga berat badan ideal sepanjang hidup Anda. Berat badan ideal akan membuat penampilan kalian menjadi lebih menarik. Selain itu, berat badan ideal juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit. Kelebihan berat badan atau obeksitas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti gangguan pernafasan, jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke serta gangguan hormonal. 
Salah satu cara sederhana dan paling umum digunakan untuk menentukan tingkat obesitas (tingkat kegemukan) seseorang adalah dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). Dengan Body Mass Index, seseorang dengan dapat dikategorikan normal, kurus, atau gemuk. Nilai BMI dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:



Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: