Sejarah Softball

Sejarah Permainan Softball Di Dunia dan Di Indonesia  - Olahraga softball lahir di Amerika Serikat yang diciptakan oleh George Hancok pada tahun 1887 di kota Chicago. Semula permainan ini hanya sebagai rekreasi dan dimainkan dalam ruangan tertutup. Daya tarik utama adalah karena permainan ini dapat dimainkan oleh semua usia, baik pria maupun wanita. Kemudian dari Amerika berkembang ke Canada dan dari sanalah berkembang ke seluruh penjuru dunia.




Perkembangan selanjutnya, terbentuklah federasi  softball international dan lahirlah peraturan-peraturan permainan ini. Terutama untuk permainan antar negara. Untuk pertemuan ini biasanya diawali dengan kejuaraan nasional dan regional di belahan dunia. 

Sampai tahun 1996, di Indonesia olahraga sotball masih dianggap olahraga kaum wanita. Tetapi setelah melihat Asean Games di Bangkok, diketahui bahwa kaum pria juga bermian softball. Melihat keterbukaan ini, Indonesia mulai serius juga mengembangkan untuk pria. Perkembangan mulai tampak di Jakarta, Bandung, Palembang, Semarang, dan Surabaya.

Melihat perkembangan yang sangat pesat, dan softball sudah menjadi olahraga masyarakat, maka dibentuklah organisasi softball yang bernama, Perserikatan Basetball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia atau disingkat PERBASASI. Kejuaraan pertama dilaksanakan pada tahun 1967 di Jakarta. Pada PON 1969 di Surabaya, softball merupakan salah satu olahraga yang dipertandingkan.


Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: