Servis Dalam Permainan Bola Voli

Macam dan Cara Melakukan Servis Bola Voli - Setelah sebelumnya kita membahas tentang Sejarah Permainan Bola Voli dan Teknik Dasar Bola Voli , kesempatan kali ini Artikel Penjas akan sedikit membahas tentang Teknik Servis Dalam Bola Voli. Untuk mengawali permainan bola voli maka salah satu tim harus melakukan servis hingga menyeberang ke lapangan lawan. Servis dapat pula digunakan untuk mendapatkan poin atau angka. Oleh karena itu selain passing dalam bola voli setiap pemain harus mampu melakukan servis dengan baik. Berikut beberapa macam dan teknik servis dalam bola voli.


Servis Bawah (Underhand Service) - Dilakukan dengan cara melakukan pukulan permukaan dari petak Servis dengan memukul bola dengan tangan dari bawah sebagai usaha menghidupkan bola dalam permainan. Servis bawah merupakan Servis yang dilakukan dengan tangan bawah, siku diluruskan dan ayunan tangan dari belakang ke depan melalui samping badan, salah satunya tangan memegang bola dan bola tersebut dilambungkan baru dipukul. Servis ini sangat populer dan sering dilakukan oleh pemain pemula.



Servis Atas (Floating overhand service) - Dilakukan dengan cara melakukan pukulan permulaan dari bawah Servis dengan memukul bola dari atas kepala sebagai usaha menghidupkan bola ke dalam permainan. Servis atas banyak variasinya, bola dapat dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan, tinggi lambungan bola tergantung dari maksud pukulan dan kesenangan pribadi pemain. Namun pada prinsipnya harus diusahakan agar bola dilambungkan sedemikian rupa tingginya, sehingga seluruh rangkaian gerakan memukul menjadi satu gerakan yang tidak terputus-putus.

 
 


Servis Samping (Overhand round-house service) - Dilakukan dengan cara melakukan pukulan permulaan dari daerah servis dengan sikap berdiri menyamping dan berat badan berada di kaki kanan (bagi yang tidak kidal), telapak tangan menghadap ke atas. Adapun pelaksanaan servis samping adalah servis berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat dengan jaring (bagi yang tidak kidal) kedua tanga bersama-sama memegang bola. Pada saat bola akan dilambungkan, maka badan diliukkan ke belakang dan lutut ditekuk. Kedua tangan dijulurkan ke samping kanan, begitu bola lepas dari tangan, maka tangan ditarik kesamping kanan bawah, berat badan berada di kaki kanan, telapak tangan menghadap ke atas, pukulan tangan pada bola dibantu dengan liukan badan, lecutan lengan dan gerakan pergelangn tangan sehingga bola setelah dipukul melambung dengan keras dan topspin.



Servis Lompat (Jumping service) - Dilakukan dengan cara melakukan pukulan permulaan di daerah servis dengan melompat setelah bola dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan. Servis lompat dilakukan dengan bola dilambungkan dengan satu atau dua tangan. Begitu bola dilambungkan diikuti dengan melompat dan diusahakan bola berada di atas depan kepala. Bila bola telah berada di atas depan kepala maka segeralah tangan kanan dipukulkan pada bola secepatnya.

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: