Senam Aerobik - Bugar Setiap Hari

Senam Aerobik – Ini merupakan salah satu olahraga yang semakin di gemari oleh masyarakat khususnya oleh kaum wanita. Selain tentunya menyehatkan Senam Aerobik juga menyenangkan karena Senam Aerobik adalah senam yang diiringi oleh alunan musik. Tujuan dari Senam Aerobik yaitu untuk menjaga kebugaran jasmani, kesehatan dan menurunkan berat badan. Meskipun olahraga ini didominasi oleh wanita, namun ada juga laki-laki yang mengikuti Senam Aerobik. Senam Aerobik juga bisa digunakan untuk mengecilkan perut khususnya bagi kaum pria yang memiliki perut buncit agar menjadi "Six Pack". Mlalui Senam Aerobik lemak yang terdapat pada tubuh akan terbakar dengan cepat.
Untuk gerakan senam aerobik pada dasarnya sama dengan senam yang lain, yaitu Pemanasan, Inti dan Pendinginan. Berikut penjelasannya...


Pemanasan
Gerakan Pemanasan biasanya dilakukan kurang lebih sekitar 10-15 menit. Gerakan ini bertujuan untuk melenturkan otot, persendian dan meningkatkan suhu tubuh. Dengan pemanasan diharapkan dapat mengurangi resiko terjadinya cidera seperti keseleo, kram terkilir dan lainnya.
Inti
Gerakan inti adalah gerakan yang utama. Gerakan ini dilakukan kurang lebih selama 30 sampai 60 menit. Banyak variasi gerakan dilakukan pada tahap inti. Mulai gerakan pada kaki, tangan dan anggota tubuh yang lain. Gerakan-gerakan tersebut harus disesuaikan dengan irama musik. Kebanyakan instruktur senam aerobik memilih jenis musik seperti disco, dangdut, RNB dan lan-lain.
Pendinginan
Setelah tahap akhir dari gerakan inti maka dilakukan gerakan pendinginan. Yaitu gerakan untuk mengatur pernafasan agar turun secara perlahan. Fungsi gerakan pendinginan yaitu untuk mengembalikan keadaan tubuh seperti nafas, suhu tubuh, denyut jantung kembali normal.

Berikut Contoh Video Senam Aerobik

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: