Hubungan Minat Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani


HUBUNGAN ANTARA MINAT TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS VIII RSBI SMP NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN 2010-2011

Oleh : Alan Kevi Prasetyo

ABSTRAK

Setiap pendidikan pasti mempunyai tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dengan pendidikan jasmani. Salah satu tujuan pendidikan jasmani yaitu menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Dengan tingkat kebugaran jasmani yang baik maka siswa akan dapat menjalankan aktivitas belajarnya dengan baik pula.

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka setiap siswa harus mempunyai minat terhadap pendidikan jasmani. Karena jika minat terhadap pendidikan jasmani baik, hal ini akan menyebabkan siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti pendidikan jasmani sehingga kebugaran jasmani juga terjaga. 

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tulungagung pada siswa kelas VIII RSBI, peniliti ingin  mengetahui hubungan antara minat terhadap pendidikan jasmani dengan tingkat kebugaran jasmani pada siswa kelas VIII RSBI SMP Negeri 1 Tulungagung tahun 2010-2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan subyek penelitian sebanyak 114 siswa yang terdiri dari 62 siswa laki-laki dan 52 siswa perempuan. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu angket minat terhadap pendidikan jasmani dan Multistage Fitness Test (MFT).

Dari hasil analisis data menggunakan SPSS diketahui bahwa korelasi antara minat terhadap pendidikan jasmani dengan tingkat kebugaran jasmani pada siswa laki-laki sebesar 0,684 dan pada siswa perempuan sebesar 0,597. Kedua nilai Sig. (2-tailed) pada perhitungan SPSS menunjukkan kurang dari 0,05 yaitu sama-sama 0,00 sehingga kedua nilai korelasi dinyatakan signifikan. Sedangkan nilai koefisien determinasi pada siswa laki-laki sebesar 0,612 dan pada perempuan sebesar 0,356. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kebugaran jasmani dipengaruhi oleh faktor minat terhadap pendidikan jasmani pada siswa laki-laki sebesar 61,2%, dan siswa perempuan sebesar 35,6%.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat terhadap pendidikan jasmani dengan tingkat kebugaran jasmani pada siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII RSBI SMP Negeri 1 Tulungagung tahun 2010-2011.

Kata Kunci : minat, tingkat kebugaran jasmani, pendidikan jasmani.

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: