Macam Servis Dalam Bulutangkis


Jenis Variasi Pukulan Servis Dalam Bulutangkis | Badminton - Dalam olahraga bulutangkis permainan dimulai dengan cara salah satu pemain melakukan pukulan servis dengan benar. Servis adalah pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal sebagai pembuka permainan. Servis juga dapat dijadikan senjata dalam memperoleh poin atau angka. Berikut beberapa macam-macam servis dalam olahraga bulutangkis.


Pukulan Servis Drive
Tujuan dari servis drive adalah memukul kok dengan cepat, mendatar, dan setipis mungkin melewati net. Sasarannya adalah sudut titik-titik perpotongan antara garis belakang dengan garis tengah lapangan. Cara melakukan pukulan servis ini adalah dengan melemparkan kok agak jauh dari badan.  Lengan bergerak bebas dan leluasa dalam mengayunkan raket.

Pukulan Servis Pendek
Servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net. Pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi. Coba Anda lakukan servis pendek dengan cara berikut ini.
  • Tangan kanan memegang raket dan tangan kiri memegang kok.
  • Perpindahan berat badan dimulai dari kaki belakang ke kaki depan. 
  • Ayunkan raket dari belakang setinggi bahu ke depan.
  • Lepaskan kok dan pukullah kok dengan penuh atau dipotong.


Pukulan Servis Panjang
Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Pada permainan tunggal, servis panjang dilakukan dengan memukul penuh kok. Untuk melakukan pukulan servis panjang Anda dapat melakukan cara berikut.
  • Letakkan kaki kiri ke depan.
  • Titik berat badan berada di antara kedua kaki.
  • Ayunkan tangan yang memegang raket ke belakang sampai setinggi bahu.
  • Pukullah kok setelah ayunan sampai di depan badan dengan mencambukkan pergelangan tangan.


Pukulan Servis Cambukan
Servis cambukan menerbangkan kok ke belakang. Hasil pukulan ini bisa membingungkan lawan sehingga kok jatuh tanpa disadari pihak lawan. Sasaran servis ini adalah sudut perpotongan garis tepi dengan garis belakang dan sudut perpotongan garis belakang dengan garis tengah. Servis ini caranya sama dengan servis biasa. Tetapi, pukulan mendadak dicambukkan saat raket menyentuh kok.

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: