Cara Melatih Kelincahan


Latihan Kelincahan - Kelincahan merupakan salah satu kompoonen kebugaran jasmani yang penting untuk dilatih.  Kelincahan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu. Seseorang yang mampu mengubah satu posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan koordinasi yang baik berarti kelincahannya cukup baik. Nah beberapa latihan yang dapat meningkatkan kelincahan adalah :

Lari Dengan Beban
Yang dimaksud di sini yaitu kita melakukan gerakan lari dengan tubuh diberi beban. Contohnya yaitu berlari dengan menarik parasut dan berlari dengan menarik tali karet yang terikat. Sebelum melakukan latihan ini hendaknya lakukan pemanasan sekitar 5-10 menit. Lama waktu istirahat yaitu 2 kali waktu latihan misalnya anda melakukan latihan ini selama 30 detik maka waktu istirahat adalah 1 menit.

Lari Dengan Membawa Beban

Latihan Lompat Tangga
Latihan ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan. Latihan ini dapat anda variasi dengan gerakan berjalan, berlari melompat dengan 1 atau 2 kaki, baik itu kea rah depan atau belakang.

Lompat Tangga

Biasakan Untuk Membawa Beban Yang Lebih Berat
Dalam kehidupan anda sehari-hari lakukan gerakan berjalan dengan membawa beban yang lebih berat. Hal ini dimaksudkan agar tubuh terbiasa untuk membawa beban yang lebih berat. Kemudian ketika beban tersebut hilang, anda akan lebih cepat dan lebih lincah.

Lakukan Peregangan Otot
Fleksibilitas merupakan factor penting yang mempengaruhi kelincahan dan kecepatan. Memiliki fleksibilitas yang baik akan meningkatkan jangkauan gerak dan mengurangi kemungkinan otot tertarik atau melukai sendi dan ligament. Lakukan peregangan dinamis tepat setelah pemanasan dan sebelum sesi pelatihan. Lakukan peregangan statis segera setelah sesi pelatihan. Beberapa contoh peregangan dinamis yaitu gerakan perlahan yang terkendali atau latihan aerobik intensitas rendah, seperti bersepeda, berjalan, atau jogging. Beberapa contoh peregangan statis yaitu membungkuk ke depan, kesamping, kebelakang, peregangan hamstring.

Dengan Latihan “Bosu”
Latihan Bosu adalah latihan dengan menggunakan alat bernama “Bosu” yaitu alat untuk mempertajam kecepatan dan kelincahan. Selain itu anda dapat meningkatkan kekuatan kardiovaskular Anda, kekuatan otot Anda, daya tahan otot dan keseimbangan anda, yang mana hal ini adalah parameter penting yang terlibat dengan kecepatan dan kelincahan. Langkah sisi lateral, melompat menerjang 180-an dan hop adalah contoh yang baik dari latihan ini.


Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: