Peraturan Egrang Terbaru - Olahraga Tradisional

Olahraga Tradisional Egrang atau di beberapa daerah juga disebut Tengkak-Tengkak, Jangkungan, Tajong adalah permainan tradisional asli Indonesia yang kini mulai banyak dikenalkan dipelosok nusantara. Belum diketahui secara pasti dari mana permainan ini berasal. Egrang banyak di jumpai di berbagai wilayah di indonesia tetapi dengan nama yang berbeda : sumatra barat = tengkak-tengkak (tengkak = pincang) jawa tengah = jangkungan (nama burung yang berkaki panjang), sedangkan di bali = tajong. Namun secara nasional, olahraga ini diberi nama Egrang. Berikut peraturan nasional permainan egrang : 
Peraturan Egrang


UKURAN EGRANG SESUAI UMUR 
Umur 6-12 tahun
Tinggi = 1,5 meter
Ukuran tempat berpijak tinggi = 30 cm, lebar = 10 cm, panjang = 20 cm

UMUR 13 TAHUN KEATAS
Tinggi = 2,5 meter
Ukuran tempat berpijak tinggi = 50 cm, lebar = 10 cm, panjang 20 cm


Peralatan Egrang


LAPANGAN  / PERALATAN 
Datar dan luas (stadion, jalan raya atau  halaman sekolah.
Ukuran lapangan (panjang lintasan 50 meter, lebar 7,5 meter, dibagi 5 lintasan masing-masing 1,5 meter.

PEMAIN
Pemain egrang dapat dimainkan oleh: pria dan wanita. 
Kelompok umur:
Anak anak 6- 12 tahun
13,tahun ke atas.

JALANNYA PERMAINAN
  • Sebelum perlombaan dimulai,para peserta diteliti usianya untuk menentukan kelompokumur masing masing.
  • Peserta dibagi dalam beberapa kelompok masing masing 5 regu sesuai dengan jumlah lintasan.
  • Selanjutnya diadakan undian untuk menentukan pemberangkatan lomba .
  • Perlombaan ini menggunakan  sistim  seri .setiap regu berjumlah 3 orang dengan cara estafet 50 meter x 3.
  • Sebelum perlombaan dimulai , seluruh anggota regu,dikumpulkan dalam start. Tentukan pemain 1 s/d 3.dan jelaskan aturan lomba.
  • Sebelum aba aba dimulai,pemain ke  2 diminta untuk berada  di belakang garis finish. Sedangkan pemain ke 3 berada di belakang pemain 1, atau yang memegang egrang.
  • Aba aba di tentukan oleh wasit/juri adalah: bersedia….siap…. Ya . (bersedia= salah satu kaki berada dipijakan egrang, siap…ya= kaki satunya langsung naik dan berlari .
  • Pemain 1 harus menaiki egrangnya  sampai di belakang garis finish dan menyerahkan  egrangnya pada pemain ke 2 dan langsung menaeki egerngnya sampai di belakang garis start.kemudian  menyerahkan ke pemain ke 3 pemain ke 3 menaeki egrang nya sampai di belakang garis finish.
  • Pada perlombaan regu dinyatakan gugur apabila : salah satu pemain: 
  1. Menginjak garis lintasan.
  2. Kaki jatuh  dari egrangnya.
  3. Dengan sengaja mengganggu pemain lain 
  • Pemain yang terganggu jalannya oleh pemain lain, maka boleh melanjutkan larinya. 
  • Dari  keseluruhan  seri akan diambil waktu terbaik, bila pesertanya banyak. Bila pesertanya sedikit diambil kedatangan yang pertama dari setiap seri.  


PEMENANG
Regu pemenang atau juara ditentukan berdasarkan hasil waktu terbaik dari keseluruhan seri.( bila peserta banyak). Bila tidak diambil kedatangan kemudian di finalkan.