Lari Bolak-Balik (Shuttle – Run)


Lari Bolak Balik | Shuttle – Run merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat sambil melakukan gerakan. Kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani  penting untuk banyak cabang olahraga seperti tenis, sepak bola, dan bola basket. Seorang guru pendidikan jasmani penting untuk melakukan tes ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pembelajaran yang telah dilakukan selama ini telah dapat meningkatkan komponen kelincahan. Selain itu tes ini juga dapat dipergunakan sebagai data awal yang menggambarkan tingkat kelincahan peserta didiknya. Sehingga diharapkan dari data ini seorang guru dapat menyesuaikan materi pembelajarannya. Berikut cara pelaksanaan tes Lari Bolak Balik.


Peralatan
Stopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus. 

Prosedur Pelaksanaan
Siswa berdiri di belakang garis dengan kaki depan tepat di atas garis start. Pada aba-aba “ya” siswa lari kedepan secepat mungkin ke garis lain, kemudian berputar dan kembali lagi ke garis start. Setiap melakukan putaran kedua kaki harus melewati garis start dan garis finish. Siswa harus melakukan kegiatan tersebut sebanyak 5 kali (siklus). Satu siklus diartikan sebagai satu kali lari bolak balik. Hidupkan stopwatch pada aba-aba “ya” dan hentikam stopwatch pada saat dada pelari melewati garis. Penilaian : Siswa diberi kesempatan melakukan lari bolak-balik sebanyak 2 kali. Catat kedua waktunya dengan tingkat ketepatan 0,1 detik. Ambil waktu terbaik. Bagi siswa yang gagal melakukan tes bisa diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi.

Modifikasi Tes Lari Bolak Balik
Agar tes ini dapat dilaksanakan dengan baik dan peserta tes merasa semangat dalam melaksanakan tes, maka perlu diadakan modifikasi tes tanpa merubah model tes. Modifikasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan media yaitu 5 buah batu. Pelaksanaannya yaitu seperti di atas namun lari bertujuan untuk memindahkan 5 buah batu dengan secepat mungkin.