Contoh Soal Penjas Kelas X Semester Genap

Penjasor | Penjaskes - Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui sejauh mana seorang Guru telah berhasil dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar adalah dengan mengadakan ujian. Oleh karena itu hendaknya dalam membuat soal harus disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dan materi yang telah disampaikan pada siswa. Berikut ini contoh soal pendidikan jasmani untuk kelas X (sepuluh) semester genap.


  1. Untuk menjadi pemain sepak bola profesional, tentu harus mampu menguasai teknik dasar dengan baik. Sebutkan 5 teknik dasar dalam permainan sepak bola!
  2. Sebutkan 4 teknik yang harus dikuasai oleh seorang pemain bola voli!
  3. Salah satu cara memasukkan bola ke keranjang adalah dengan melakukan lay-up. Jelaskan teknik melakukan lay-up dalam permainan bola basket?
  4. Dalam permainan softball, terdapat istilah-istilah yang harus dimengerti oleh para pemainnya. Jelaskan pengertian istilah-istilah di bawah ini!
    • Swing
    • Batting
    • Bunting
    • Pitcher
    • Tick
  5. Salah satu penyebab rusaknya generasi bangsa adalah pergaulan bebas atau seks bebas. Jelaskan bahaya seks bebas di kalangan remaja!
  6. Jelaskan teknik gerakan lengan pada saat melakukan renang gaya dada!
  7. Jelaskan cara melakukan back extention dalam senam lantai!
  8. Jelaskan pengertian senam ritmik!
  9. Kebugaran Jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelahan yang berarti. Sebutkan 5 saja komponen kebugaran jasmani!
  10. Sebutkan 10 olahraga yang termasuk dalam cabang atletik!