Lontar Martil

Teknik Lontar Martil - Salah satu nomor lomba atletik yang juga sering diperlombakan baik di ajang nasional ataupun internasional adalah nomor lempar. Yang termasuk dalam nomor lempar adalah olahraga lempar lembing , tolak peluru, lempar cakram dan lontar martil. Nah pada kesempatan kali ini Artikel Penjas mencoba menjelaskan tentang Teknik Dasar Lontar Martil.


Awalan dan Ayunan
Teknik yang pertama adalah diawali memegang martil pada tuas dengan menggunakan tangan kiri kemudian ditutup dengan tangan kanan. Posisi kedua ibu jari saling menyilang. Kepala martil boleh ditempatkan di atas tanah sebelah kanan atau dibelakang si pelempar kemudian pelempar dapat mengayunkan martil sebagi ayunan permulaan. Titik terendah dari ayunan permulaan adalah hanya ketika martil melewati bagian kanan dari kaki kanan. 

Berputar
Saat martil mencapai titik terendah, pelempar mulai berputar dengan tumit tungkai kiri menjadi poros sampai mengahadap ke arah depan dari lingkaran dan kemudian dilanjutkan dengan memutarnya kembali di atas telapak kaki bagian depan sampai kembali ke arah semula. Tubuh bagian bawah membawa tubuh bagian atas bergerak ke depan, dengan tangan kiri menutup dada, dan selama tungkai bergerak, martilpun terus bergerak. Kaki kanan meninggalkan tanah ketika kaki kiri selesai dengan gerakan tumitny, berat badan dipindahkan ke tungkai kiri dan seterusnya.

Akhiran
Sebelum putaran berakhir atau sebelum martil mencapai titik terendah, pelempar mulai menarik martilnya dan mempercepat putaran martil saat bergerak ke arah bawah dan mencoba untuk mempercepat gerakan kedua tungkai dalam upaya mempercepat gerakan kedua tungkai dalam upaya mempercepat putaran tubuh bagian bawah.

Lemparan
Lemparan dilakukan dengan meluruskan kedua tungkai dengan kuat, badan lebih dibusungkan lagi dengan kepala direbahkan ke arah belakang atau dengan posisi tengadah. Ketika martil telah ditempatkan pada dudut trayektorinya, pelempar harus melihat ke arah lemparan, kemudian mengangkat kedua lengan di akhir gerakannya dan pandangan kedua matanya mengikuti jalannya martil sebelum mengganti posisi kedua tungkainya.

=======================================================

Lapangan Lontar Martil


Video Lontar Martil

Apakah artikel ini bermanfaat ?...Bagikan artikel kepada rekan via: